Kenali Gejala Penyakit Thypus

Gejala Penyakit Thypus - Jika anda atau anggota keluarga anda mengalami demam yang cukup tinggi selama beberapa hari bahkan lebih dari seminggu, maka bisa jadi itu pertanda anda atau keluarga anda terserang penyakit tipes. Penyakit thypus yang disebabkan adanya infeksi pada usus halus oleh bakteri Salmonella typhi dan juga Salmonella paratyphi memang memiliki gejala yang hampir sama dengan jenis penyakit lain seperti demam berdarah atau demam flu biasa. Namun apabila panas naik turun berhari-hari maka besar kemungkinan salah satu gejala thypus menyerang. Lalu gejala apa lagi yang dapat kita kenali jika sakit thypus menyerang, berikut penjelasannya:
  1. Sering merasa mual bahkan muntah
    Penderita thypus umumnya merasa sakit perut di sebelah kiri dimana disitulah tempat infeksi usus halus oleh bakteri. Berbeda dengan maag biasanya ulu hati atau perut bagian atas yang sakit.
  2. Lambung terasa sakit
    Posisi usus buntu yang juga berdekatan dengan lambung juga berpengaruh kepada rasa sakit yang menyerang bagian lambung, pada tahap awal kadang muncul rasa begah atau perut kembung.
  3. Badan sangat lemas
    Akibat adanya infeksi pada usus yang berfungsi sebagai organ pencerna makanan, maka fungsi yang seharusnya dijalankan menjadi kurang baik. Akibatnya suply makanan ke tubuh juga kurang optimal.
  4. Panas Tinggi pada malam hari namun menjadi normal pada siang hari
    Suhu badan akan naik terutama pada sore dan malam hari. selama 7 - 10 hari berturut-turut. Biasanya pada pagi hari suhu badan normal kembali, namun menjelang sore ke malam suhu badan akan naik kembali.
  5. Sakit Kepala disertai gejala lain
    Pada fase awal umumnya sakit kepala ini disertai dengan gejala lain seperti infeksi tenggorokan, rasa tidak enak di perut, sembelit atau terkadang sulit buang air besar dan diare, lidah tampak berselaput putih susu, bagian tepinya merah terang, serta bibir kering.
  6. Keluar keringat dingin
    Akibat panas yang tinggi, badan secara alami akan mengeluarkan keringat dingin sebagai reaksi menurunkan suhu tubuh.
Apabila mayoritas dari gejala diatas sudah ada patut menjadi perhatian anda untuk sesegera mungkin mengambil tindakan agar penyakit thypus tidak tambah menyerang. Kenali juga faktor penyebab mengapa gejala thypus ini muncul yang umumnya diawali dari makanan atau minuman yang kurang bersih dan juga daya tahan tubuh yang menurun.
Share on :
Kenali Gejala Penyakit Thypus
Kenali Gejala Penyakit Thypus
Reviewed by Admin Blog
Published :
Rating : 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar