Penyebab Penyakit Tipes

Penyebab Penyakit Thypus - Tipes atau thypus merupakan salah satu penyakit yang dianggap cukup  berbahaya yang dapat memicu lahirnya penyakit lain. Penyakit tipes umumnya menyerang kalangan dewasa dan usia produktif dengan tingkat imunitas yang kurang bagus. Perlu dipahami bersama bahwa typus ini disebabkan oleh infeksi oleh bakteri Salmonella typhi dan juga Salmonella paratyphi. Penyakit ini erat kaitannya dengan makanan, dimulai dari tingkat kebersihan bahan makanan sampai juga pola makan yang kurang sehat.
Berikut ini penjelasan beberapa penyebab penyakit tipes:
  1. Pola makan yang tidak teratur
    Pola makan yang tidak teratur setiap waktu dalam jangka waktu yang lama akan mempengaruhi kinerja lambung sehingga menyebabkan kelainan maag. dalam jangka waktu lama penyakit maag ini akan menurunkan daya tahan lambung sehingga memudahkan bakteri penyebab thypus ini menyerang.
  2. Terlalu mengonsumsi makanan yang mengandung asam tinggi
    Makanan dengan kandungan asam tinggi juga menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri penyebab thypus ini berkembang biak dan menyerang lambung.
  3. Makan dengan bahan dan alat yang kurang terjaga kebersihannya
    Sangat memungkinkan dengan tingkat kebersihan yang kurang, bakteri penyebab thypus ini akan sangat "betah". Bukan hanya bakteri Salmonella paratyphi, bahkan bakteri lain juga akan sangat senang hinggap dalam kondisi kurang bersih ini.
  4. Tidak memperhatikan kebersihan tangan
    Tangan menjadi anggota badan yang paling "sibuk" diantara anggota tubuh yang lain. Dengan kondisi ini, maka kuman, virus bahkan bakteri akan banyak mengumpul di tangan. Oleh karena itu, bersihkanlah tangan kita setiap akan makan karena kita tidak tahu ada bakteri apa yang ada dalam tangan.
  5. Minimnya konsumsi air putih
    Air putih menjadi pembersih tubuh sehingga segala bakteri dan virus akan terbuang bersama urine yang keluar. Apabila suply air putih ini kurang maka kemampuan tubuh membuang bakteri an virus yang berbahaya dan tidak berguna juga berkurang.
  6. Terlular dari orang lain
    Karena penyebab penyakit ini adalah bakteri maka pola penyebaran paling mudah adalah ketika kita makan dan minum dengan wadah yang sama dengan orang yang terkena penyakit thypus.
  7. Daya tahan tubuh yang lemah
    Imunitas atau daya tahan tubuh menjadi benteng pertama pertahanan tubuh terhadap bakteri penyebab thypus, apabila daya tubuh kuat maka sebanyak apapun bakteri, virus dan penyakit ada di sekitarnya tidak akan mampu menyerang kita.
Dari keterangan tentang penyebab panyakit thypus di atas, diharapkan kita bisa mengambil langkah-langkah apa yang seharusnya kita lakukan sebelum penyakit thypus ini datang, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati. :) 
Share on :
Penyebab Penyakit Tipes
Penyebab Penyakit Tipes
Reviewed by Admin Blog
Published :
Rating : 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar