Khasiat Cacing Tanah Untuk Obat Thypus

Khasiat dan Manfaat Cacing Tanah untuk Obat Tipes - Anggota keluarga adan atau bahakn anda sendiri pernah terserang thypus. Penyakit thypus yang dalam bahasa latinnya disebut dengan thypus abdominallis memang penyakit yang tergolong tidak berbahaya karena gejala dan penanganannya tidak terlalu memberatkan, namun dibalik kesederhanaan penyakit ini ternyata penyakit thypus ini termasuk penyakit yang menakutkan dan membahayakan apabila dibiarkan.

Mayoritas orang Indonesia mempercayai bahwa salah satu bentuk pengobatan untuk menangani penyakit thypus ini adalah dengan mengonsumsi cacing tanah.Lalu, apakah benar cacing tanah dapat berkhasiat secara medis untuk memusnahkan penyakit thypus yang disebabkan infeksi usus halus ini.

Dalam bahasa ilmiah, cacing ini bernama Pheretima aspergillum, selama bertahun-tahun binatang ini sangat dipercaya mampu mengatasi penyakit tipes. Dari sekitar 1.800 spesies cacing yang ada di muka bumi ini, hanya terdapat dua jenis cacing yang sering dijadikan obat penyakit tipes alami, yaitu: Cacing Eropa atau Introduksi (Lumbricus rubellus) dan cacing kalung atau Long (Pheretima aspergillum).
Cacing tanah jenis Pheretima memiliki tubuh berbentuk gilik panjang dan silindris berwarna merah keunguan. Cacing tanah yang termasuk jenis Pheretima antara lain cacing merah, cacing koot dan cacing kalung. Segmennya mencapai 95-150 segmen. Klitelumnya terletak pada segmen 14-16. Sedangkan Cacing tanah jenis Lumbricus mempunyai bentuk tubuh pipih. Jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Biasanya jenis ini kalah bersaing dengan jenis yang lain sehingga tubuhnya lebih kecil. Tetapi bila diternakkan besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis lain.
 
Dalam proses pengobatan penyakit tipes, cacing tanah atau cacing kalung bekerja double selain membunuh bakteri penyebab tipes juga sekaligus menurunkan suhu badan penderita. Cacing tanah juga memiliki kandungan protein anti bakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escheria coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan salmonella thypi yang telah diteliti dari hasil ekstraksi cacing tanah oleh para ahli.

Selain itu, dari banyak penelitian menyatakan hasil bahwa cacing tanah juga memiliki sumber protein sangat tinggi. Cacing tanah dipercaya mengandung skala tinggi asam amino. Salah satunya, cacing Lumbricus rubellus yang diketahui memiliki kadar protein yang sangat tinggi rata-rata sekitar 76%. Jika dibandingkan dengan daging mamalia yang rata-rata hanya 65% atau ikan yang hanya mengandung protein rata-rata 50%, maka kandungan asam amino memiliki jumlah yang sangat bagus dalam memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Share on :
Khasiat Cacing Tanah Untuk Obat Thypus
Khasiat Cacing Tanah Untuk Obat Thypus
Reviewed by Admin Blog
Published :
Rating : 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar